Sejarah

Visi Misi

Seputar Sekolah

Ruang Kelas

Fasilitas

Kurikulum

Sejarah



SMP Islam Al Azhar 13 Surabaya didirikan pada bulan Juli 2001. Sekolah ini berlokasi di Jl. Florence J4/31 Pakuwon City, Surabaya, Jawa Timur, Indonesia. Secara historis, nama Al Azhar diberikan oleh Grand Syaikh Mesir yang juga rektor Universitas Al Azhar, Prof. Dr. Mahmoud Syaltout untuk Masjid Agung Kebayoran Baru pada tahun 1960 yang pada saat imam Masjidnya adalah Prof. Dr. Buya Hamka, cendekiawan muslim terkenal di Indonesia. Bermula dari masjid Al Azhar di Kebayoran Baru tersebut, Yayasan Pesantren Islam Al Azhar mengembangkan pendidikan Islam yang berkualitas, terjangkau, seimbang dan terintegrasi dan holistic sesuai prinsip prinsip Islam.

Seputar Sekolah



Profile Guru

Guru-guru kami berasal dari berbagai universitas terkemuka di Indonesia. Mereka memiliki kualifikasi akademik yang luar biasa, pengalaman pendidikan yang luas, kepribadian yang ramah, perhatian dan komitmen yang tinggi. Mereka juga memiliki akhlaqul karimah yang sesuai dengan etika Islami dan keguruan.

Komptensi Lulusan

  1. Membaca Al-Quran dengan tahsin dan tahfidz, memahami dan mentadabburi Al-Quran, melihat keindahannya dan menjadikannya sebagai panduan utama.
  2. Memahami dan menginternalisasi nilai-nilai Islam dalam kehidupan.
  3. Berpikir dan menulis secara efektif dan kreatif.
  4. Berkomunikasi dengan baik.
  5. Memahami, menghargai, dan menghormati budaya yang berbeda.
  6. Memahami dan menyelesaikan masalah moral dan etika.
  7. Mencerminkan karakter moral yang baik.
  8. Memikirkan, merasakan, dan melihat lihat Kebesaran Allah dan menjadi hamba Allah yang sebenarnya.
  9. Bertindak dalam melayani diri sendiri, masyarakat dan sesama manusia.
  10. Memecahkan masalah dan berperilaku yang baik sebagai seorang entrepreneur muslim.


Internasional dan Nilai Islam

SMP Islam Al Azhar 13 Surabaya memiliki lingkungan Islam yang bernuansa internasional yang terlihat jelas melalui penggunaan Kurikulum Al Azhar, Nasional dan Kurikulum Pendidikan Internasional Cambridge Assessment dalam pendidikan dan pembelajaran di sekolah. Kami menekankan pada pengembangan manusia berintegritas yang seimbang antara intelektual, fisik, spiritual, moral, emosional dan sosial - berdasarkan nilai nilai keislaman dan ketauhidan. Kami meyakini bahwa pendidikan spiritual dan karakter merupakan hal sama pentingnya dengan pendidikan intelektual. Kami membangkitkan rasa ingin tahu pada murid murid kami, kami menanamkan nilai-nilai penting seperti nilai nilai keagamaan, kewirausahaan, kesadaran lingkungan dan semangat belajar. Kami meningkatkan kerohanian murid murid kami melalui tadabbur alam, sholat berjamaah, tahsin dan tahfidz Al-Quran, pendidikan agama Islam dan akhlakul karimah. Kami menginginkan murid murid kami menjadi sangat baik dalam apa pun yang mereka lakukan sesuai dengan sunnah dan ajaran Nabi Muhammad (SAW). Sekolah juga berupaya terus mendorong dan melatih mereka untuk berpikir secara kreatif, kolaboratif dan etis melalui pembelajaran berbasis proyek melalui Kurikulum Pendidikan dan Pengembangan Muslim Al Azhar, Kurikulum Nasional dan Kurikulum Cambridge sehingga mereka memiliki dan keterampilan hidup yang baik dan mandiri. Mereka juga didorong untuk unggul dalam kegiatan akademik dan ko-kurikuler mereka.

Pembelajaran digital Yukblajar

SMP Islam Al Azhar 13 mempertahankan rasio siswa 1: 1 dengan computer atau tablet. Kurikulum akademik kami mendorong pembelajaran berbasis komputer dengan platform digital learning ‘YukBlajar’ . Dengan demikian, hampir setiap mata pelajaran memiliki produk pembelajaran berupa penelitian berbasis proyek untuk memastikan bahwa siswa menjadi melek komputer, dan mampu menggunakan sumber daya elektronik secara efektif.

Pelayanan Murid

Saat ini, SMP Islam Al Azhar 13 Surabaya memiliki 169 murid dari Kelas 7 hingga Kelas 9. Semua murid kami adalah Muslim. Tidak diragukan lagi ada banyak sekolah internasional di negara ini, tetapi SMP Islam Al Azhar 13 Surabaya sesuai dengan namanya memberikan perhatian khusus pada perkembangan siswa secara keseluruhan terutama dalam menanamkan disiplin yang baik, nilai-nilai moral dan karakter berbasis nilai nilai Islam. Kekhawatiran ini tercermin dalam kegiatan pastoral siswa kami. Kami menganggap kegiatan ekstra kurikuler dan keagamaan ini sama pentingnya dengan kegiatan akademik kami terutama dalam pembangunan karakter, keterampilan kepemimpinan, keterampilan berpikir, kepercayaan diri, dan kompetansi diri.

Ruang Kelas

Semua ruang kelas kami luas, berperabot lengkap, dan ber-AC untuk memastikan siswa nyaman dan dapat fokus pada tugas akademik mereka. Sekolah ini juga berkomitmen untuk mempertahankan rasio guru dan murid yang tinggi. Saat ini rasionya adalah 1: 12 dengan 15 guru, 169 siswa dan 7 kelas. Setiap kelas berisi 25 siswa. Dengan mempertahankan kelas yang lebih kecil, siswa mendapatkan manfaat yang besar melalui perhatian secara personal dalam memecahan masalah. Ini juga mendorong dialog antara guru dan siswa kami, membentuk ikatan yang diperlukan yang bermanfaat bagi proses pengajaran dan pengembangan siswa.

Kurikulum

Kurikulum

Bahasa Indonesia Nasional

PKN Nasional

Sains Internasional

ICT & Robotics Internasional

Musik Internasional

Bahasa Indonesia Nasional

Sains Internasional

ICT & Robotics Internasional

Seni Budaya Internasional

Musik Internasional

Bahasa Indonesia Nasional

Sains Internasional

ICT & Robotics Internasional

Musik Internasional

Visi Misi


VIsi :
Menjadi sekolah yang mewujudkan cendekiawan muslim berwawasan internasional yang berkarakter nilai nilai keagamaan, berjiwa entrepreneur, melestarikan lingkungan dan semangat belajar dalam rangka mengembangkan diri dan keluarganya untuk membangun ummat dan bangsa Indonesia.

Misi :

  1. Mengembangkan cendekiawan Muslim yang kuat dan berpendidikan tinggi berdasarkan cara hidup yang sempurna.
  2. Mewujudkan sistem pendidikan yang bertumpu pada Iman dan Taqwa (IMTAQ) serta Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Seni (IPTEKS).
  3. Menyelenggarakan pendidikan berwawasan internasional dengan tetap menjunjung tinggi kearifan lokal dan berbasis teknologi informasi.
  4. Menghasilkan lulusan berkualitas tinggi, berakhlaqul karimah, sehat jasmani dan rohani, berjiwa wirausaha, pelestari lingkungan hidup serta mampu mengintegrasikan IMTAQ dan IPTEKS dalam kehidupan sehari-hari.
  5. Mewujudkan sekolah unggulan yang menjadi sumber rujukan dari sekolah sekolah lain dalam kualitas lulusan, kualitas metode pembelajaran dan kualitas pendidik dan tenaga kependidikan.
  6. Menyebarluarkan pendidikan yang dijiwai nilai-nilai Islam melalui penyebaran teknologi, pendidikan serta pendidik dan tenaga kependidikan yang berkualitas.